Lagu “Pen Pineapple Apple Pen” Masuk Rekor Dunia

Cuma butuh durasi sekitar 45 detik dengan lirik tak lebih dari 12 kata untuk membuat Pen-Pineapple-Apple-Pen (PPAP) jadi viral. Lagu yang dibawakan komedian Jepang bernama Piko-Taro tersebut berhasil masuk Guinness World Records untuk tahun 2016.

Bukan tanpa alasan, rekor Guinnes diberikan karena PPAP menjadi lagu terpendek di dunia yang masuk daftar bergengsi Billboard Hot 100. Hal ini tak lepas dari peran beberapa penyanyi termasuk Justin Bieber yang turut menyebarkan video lagu tersebut.

Piko-Taro yang juga berprofesi sebagai DJ dengan nama panggung Daimaou Kosaka tersebut mengaku terkejut. Ia tak menyangka PPAP akan sefenomenal ini.

Pasalnya, pria 43 tahun yang bernama asli Kuzuhito Kosaka tersebut mengatakan cuma butuh waktu beberapa jam untuk menciptakan PPAP.

“Dulu saya berusaha tampil di depan penonton yang jumlahnya antara 0 sampai 1 orang,” kata dia sambil berguyon, sebagaimana dilaporkan Guardian dan dihimpun KompasTekno, Selasa (1/11/2016).

“Lalu ini tiba-tiba terjadi. Internet memang luar biasa,” ia menambahkan.

Video PPAP yang cuma memakan biaya produksi sekitar 100.000 yen (Rp 12 jutaan) telah membuat seorang Piko-Taro dikenal dunia. Tak terhitung lagi banyaknya versi PPAP yang dibuat dan diunggah oleh netizen lain.

Jutaan netizen mendeklarasikan diri sebagai fans Piko-Taro. Ketenaran yang cukup instan ini tak bisa lepas dari peran Justin Bieber.

Sang idola pop tersebut berkicau tentang PPAP pada 28 September lalu. Ia menyebut PPAP sebagai video kesukaannya di internet. Kicauan itu kemudian di-RT lebih dari 65.000 kali dan di-like lebih dari 120.000 kali.

“Tak bisa dipungkiri ini berkat ‘Justin effect’, dan saya akan sangat senang jika dia meng-kover PPAP,” ia menjelaskan.

Video PPAP di YouTube telah disaksikan lebih dari 67 juta kali di situsnya. View online secara keseluruhan ditaksir mencapai 400 juta kali.

“Sudah sebulan lagu ini viral. Sejujurnya saya belum mendapat cek bayaran pertama saya,” kata dia kembali berkelakar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s